Selasa, 04 Desember 2007

Ngemil Bubur Campur




Menu yang ini serius (ga boong bener2) ketemunya ga disengaja ;)
Pas siang2 lagi pusing keluar dari salah satu toko kain legendaris di Kranggan....di tempat parkir kepentok ma tempat jualan dorong bubur ini. Ibu penjualnya dengan nada persuasif yang menggoda langsung menawariku. Sebenernya sih bukan masalah laper di perut, tapi masalah “mumpung”...mumpung ketemu yang jual barang langka ini kan he..he..sekalian bertujuan mulia demi nguri-uri kabudayan nagari (ciyee.....bubur tradisional gitu loh).
Setelah diliat2 ternyata komposisinya menarik juga....cantik lagi warnanya. Lihat lah yang sudah tercampur di atas piring...hmm, cantik bukan? (bukan!!)
Jadi, ada tujuh macem bubur yang ditawarkan. Semuanya berbahan tumbuhan asli Indonesia. Yang kotak-kotak kecil warna orange itu ubi jalar, rasanya manis. Terus yang merah itu pasti semua juga tau kalo itu sagu yang biji lho, rasanya...ya kek sagu itu ;p. Serong ke kiri (lihat gambar!) yang warnanya coklat muda itu bubur jewawut—keknya pakan burung ya?—rasanya gurih. Sekarang serong kanan ke bubur yang warnanya kuning cerah itu bubur kacang ijo (kok ga ijo? Ya kan kalo bungkus bijinya yang ijo itu diilangin ya tinggal biji putihnya kalee), rasanya? Enak. Kalo yang coklat satu lagi itu bubur candil, yang manis ada buletan2nya kecil2 itu lho. Yang item pastinya ketan item. Trus yang di pojokan putih itu bubur sumsum.
Ibu yang jualan itu ngeraciknya semua bubur itu diratain (maksudnya ga ditumpuk2) di atas piring, abis itu diguyur pake santan n dimanisin ma kinco (gula jawa diencerin—kalo di Solo keknya pada nyebut juruh ya).
Nah....pan menarik tuh ya. Perpaduan antara rasa dan tampilan. Cuma sayang, pas nanya ke Ibu penjualnya apa nama bubur itu (kirain ada nama tradisional yang eksotisnya)..eeh, si Ibu cuma bilang....”ya namanya Bubur Campur aja, mbak”. Teng...tong...;p


2 komentar:

Lawni Tenisa mengatakan...

hueaheuahuehauehuaheuaheuaheuahuehauehuaheuhauehau, seneng bubur :P :P

Anonim mengatakan...

persuasif dan menggoda katanya si penjual? ah, sepertinya itu hanya perasaan mbaknya yang doyan ngemil ajah! (selalu termakan bujuk rayu penjual makanan!)