Jumat, 14 November 2008

Kuliner Bandungan: Dari Tahu sampai Kelinci




















Salah satu weekend. Salah satu hotel. Salah satu kawasan berhawa dingin. Waktu dan tempat favorit kantor ngadain rapat kerja (huhuhuhu "kerja" + "weekend"=ga banget deh). Tapi, motivasi emang kudu dipompa sendiri. Jadi, raker akhir taun kali ini bermotivasi utama ketemu ma temen-temen, baik yang tugas di berbagai pelosok Jateng maupun temen-temen dari biro tetangga (hmm....Jateng+Jogja emang susah dipisah ya. asyiiik!).
Seharian mendengarkan doktrinasi-evaluasi, ngomongin agenda+ketawa ketiwi+ngemil. Udah cukup. Sorenya, kita (kelompok litbang) abis diskusi sendiri mutusin melanjutkan merapatkan perut di luar hotel. Otomatis....yang kudu dicari di Kawasan Bandungan adalah tahu serasi. Selain itu sebenernya ada yang khas ditemukan di kawasan dingin di Kabupaten Semarang ini, yaitu susu kedelai.
Ga perlu berjalan terlalu jauh dari hotel, kita masuk ke sebuah warung lesehan yang ada di pinggir jalan. Apa yang dipesan? Yo mesthi harus tahu serasi lah... Karena kita berombongan dan sebenernya (hanya) ingin "ngemil" jadi kita pesen makanan tanpa nasi. Ada tahu serasi goreng, tahu balado, dan sate kelinci (maapin aku ya sodara kelinci). Oya, trus karena ada menu khusus bertajuk "jus tahu" jadi kita coba pesen 1 sementara lainnya pesen minuman yang lebih bisa dibayangkan jaminan rasanya, yakni wedang jahe gula aren n teh panas.
Setelah menghabiskan satu plastik cukup besar keripik bayam, akhirnya makanan dan minuman diantar. Wedang jahe gula arennya pas di badan. Hangatnya minuman ga hanya terasa di mulut dan tenggorokan, tapi juga sampai di pencernaan dan tubuh. Pas banget buat ngadepin udara dingin. Kalau teh panasnya mah sensasinya biasa aja sih kek kalo kita minum di kantor hehehehe. Gimana dengan jus tahu? Tahu kok di-jus? Rasanya....bayangin sendiri deh kalo tahu ditambah air gula n es n sirup merah trus di-jus..rasanya ya "aneh" heuheueheuheu.
Sekarang ngomongin makanannya. Camilan datang disajikan di atas cobek tanah yang dilapisi daun. Hanya tahu gorengnya aja yang disajikan pakai piring biasa. Pertama, tahu goreng serasi. Tahu ini rasanya lebih lembut n kenyal dari tahu biasa. Cara makannya bisa dicocol di kecap atau sambil nggigit cabe rawit. Yang kedua, kita nyoba menu olahan tahu namanya tahu balado. Kalo buat aku sih menu ini paling mantap daripada yang lain. Tahu dibumbu n dioseng sama sambel. Jadi rasanya lebih tajam n tahunya lebih kerasa lembutnya. Apalagi pedesnya mantap, bo! Menu terakhir adalah sate kelinci. Emang sih sempet agak gimana gitu kebayang yang di-sate bukan ayam ato kambing tapi hewan imut yang bernama kelinci. Tapi ya gimana ya. Perjalanan kuliner sayang dilewatkan n dikalahkan ma peri kehewan-imutan kek gitu. Jadi ya, mari dilahap. Hap...satu tusuk sate (dagingnya aja ya) masuk ke mulut-perut...hehehehe...enak lho ;)
Jadilah semua hidangan di meja berpindah ke perut kami dalam waktu yang tidak terlalu lama. Acara ngemil yang menyenangkan yaa... Tapi, kudu diakhiri karena kami kudu balik ke hotel. Ada acara yang sudah menunggu...makan malam (heuheuheu...ga kenyang tuh perut?). N ternyata setelah rapat malamnya, pas yang lain lagi acara hiburan, aku - bim balik lagi ke warung yang tadi sore kita datengin berlima. Bedanya, kali ini ngajak wer. Bim sih ngulang pesen sate kelinci yang baginya sungguh enak. Aku nyoba menu tahu gejrot-nya (bener ga ya namanya?). Hehehehe...kita kan cuman pingin memastikan kalo menu2 di situ enak semua.

2 komentar:

pristyono hartanto mengatakan...

datum harusnya coba menu yang lain. saya pernah di warung yang warna catnya kayak tempat ibadah klenteng kuning merah itu. buaaaanyakkk banget menunya tapi saya paling suka rica-rica dan tongseng kelinci. cobain deh pasti ketagihan. kalo tak tega coba asem-asem bebeknya.... puedesssssss en nikmat....andung

garjacoba mengatakan...

Top 10 tips for creating a premium Tilt Tilt from Titanium Joe's
TiltTilt is one of the titanium metal best titanium hammer tips for creating a premium Tilt that works as a Tilt-based black titanium fallout 76 product. It has been around for a while now, but is no titanium dioxide longer black titanium wedding bands