Senin, 25 Agustus 2008

Bandung (3): Namaku cowok banget ya?


Namanya kalo orang denger sesuatu berkali-kali lama-lama juga bakalan kebal.
Emang sih pada akhirnya aku kebal, cuman tetep aja tanya itu ada. Emang namaku itu punya cowok doang?
Tapi keknya emang gitu sih ya (hmm...pasrah). Soalnya itulah respon n referensi awal orang asing soal namaku.

Paling seringnya di nota atau kuitansi. Beberapa kali ditulis ma yang bikin tu bukti pembayaran namaku dengan atribut “BP” atau “BPK” (=bapak) atau juga “MR” (=mister=panggilan bapak juga dalam bahasa inggris, tau kan?).

Hal itu terulang lagi pas mo perjalanan dari Bandung ke Tasikmalaya. Sehari sebelumnya aku pesen satu kursi di travel lewat telepon. Aku lupa apa aku nyebutin pemesanan atas nama empat huruf pertama namaku ato namaku secara utuh. Soalnya “kecelakaan salah nyebut” ini paling sering kalo aku nyebut empat huruf pertama namaku (s, u, g, dan i). Kalo nama utuhku kan huruf paling belakangnya ada huruf “i” yang biasanya untuk mengidentifikasikan jenis kelamin pemilik nama. Misalnya, untuk nama “Susanto” orang pasti langsung dengan pede-nya menyebut jenis kelamin sang pemilik nama seorang lelaki. Sisi lain, kalo namanya “Susanti” mengacunya ke jenis kelamin perempuan. Jadi kalo merujuk dari “kebiasaan” n “budaya” ini nama utuhku sudah menunjukkan kalo jenis kelaminku perempuan. Tapi pernah ada yang kebangetan, kalo ga salah inget di salah satu nota pembayaran hotel yang tetep kasih “MR” di depan nama utuhku yang berakhiran “i”.

Liat nih ya...
Pagi-pagi ada sms masuk gini:
06:39:54
Slmt pagi p Sugih,sy dari travel yg ke Tasik,Bp siap2 nanti di jpt jam 07.00,trims.

Kalo liat dari sms itu brarti pas telp buat pesen kursi aku udah nyebutin nama utuhku, karena di sms si sopir travel ini manggil aku “Sugih”. Kalo pas pesen aku cuma nyebut nama panggilan pasti yang dia tulis “Sugi”. Dan ternyata dia mengacu pada kuitansi yang dibikinin oleh kantornya yang tentu saja dibuat setelah aku telpon. Brarti ada kesalahan berantai di kasus ini. Padahal, aku sendiri (dengan suara cewek yang merdu) yang memesan dengan menyebut nama utuhku yang berakhiran “i”.

Halooo? Apa sulitnya sih nanya nama ini jenis kelaminnya apa? Daripada sok tahu tapi salah. Yaah, pada akhirnya kemudian tergantung gimana kita menanggapinya tho.

Sms pak sopir tadi akhirnya cuma aku bales: Siap, Pak. Btw, nanti kalo nyari saya cewek lho ya hehehehe...

8 komentar:

Lawni Tenisa mengatakan...

me too, me three, me four. cape deeeeeeee...

sugieh mengatakan...

hihihihi...iya, namamu kan masuk kriteria nama desain grafisnya kompas daerah (nama2 lintas gender) hihihihihi ;p

Anonim mengatakan...

jeng...kalau ini kan jelas nama panggilan utk perempuan kan. Aku punya usulan gimana kalo nama panggilanmu diubah menjadi Ndari. Hihihihi..terlihat sangat feminim dan njawani kan.

PUT

sugieh mengatakan...

jeng put...kalo nama panggilanku pake "ndari" emang jadi sangat feminim n njawani banget kek kamu bilang. kek nama kerabat keraton gt kan..para RR n RA hihihihi...tapi keknya ga aku bangeet gt loh ;( btw, kalo aku masih ada alternatif nama ceweknya ya, tapi kalo si matahari itu gimana? masak teni? ato nisa? hahahaha

Lawni Tenisa mengatakan...

well, boleh ko kalo panggil gw Billy Corgan ;)) ;))

ahem, nama adalah doa. emeeeeeeeennnn...

Anonim mengatakan...

Mbak Sugih ternyata punya pengalaman di hotel Bumi Asih yaaa... wah itu Hotel rada uka-uka... Berlantai enam..tapi mobil yang parkir cuma ada empat...Hiii, cukup mengerikan. Kalau boleh milih, ga lagi-lagi deh di Hotel itu :)

sugieh mengatakan...

4 matahari: eheeem, Billy Corgan? udah siap gundulin kepala po? huh, maunya deh..selangit!!

4 riri: iya pas di bandung nginepnya di bumi asih, tapi keknya beda ma yang riri maksud (THANX GOD!!) hehehehe..aku di bumi asih yang belakang gedung sate. tempatnya cozy banget, kalo ga salah lantainya cuman 2 yang bangunan belakang. emang hotel lama sih, pas hari pertama dapat yang kamar standar...agak spooky sih karena bangunan belanda, abis itu pindah yang bangunan baru. yang kamu maksud yang inikah ato beda?

Admin Blog mengatakan...

hmm... bisa jadi pengalaman tuh besok kalo mo kasih nama anak. btw, "ndari" pun tak selamanya cewek lho? tetanggaku di jogja tuh ada y namanya "Sudari" (emang jawa bnget) dan panggilannya "Ndari". Ada lagi temenku di solo yg biasa dipanggil "Susan". COba tebak, cewek apa cowok? Ternyata cowok lho, soale namane "susanto". he.. he.. he... (Kebetulan aku baru aja selesai garap naskah soal nama. tunggu aja terbitnya ya.)