Jumat, 17 Oktober 2008

Dangerous game



Framing cantik ini aku dapet pas naik becak Lebaran lalu. Perjalanan balik ke rumah mbah setelah muter2 di benteng van der Wijck, Gombong. Tentu saja, bersama de (iih..."tentu saja" yang ga penting). Jadi, frame ini ada di sebelah kiri lengan kiri becak.

Frame bisa diartiin sebagai kerangka pandang. Semacem batasan kita memandang biar lebih fokus ngliat segala sesuatu yang ada di dalam kerangka yang udah dibentuk tadi. Kalo di foto ini berarti prioritas pandangan adalah jalan, pohon-pohon, dan langit yang ada di dalam frame berbentuk bintang itu.

Tapi pertanyaannya..kalo misalnya frame udah ditentuin, gimana dengan pagar, pohon, jalan, tanah, langit, yang ada di luar frame?

Apa harus dianggap sebagai outsider (serta merta) ato kasarnya "dibuang"? Jadi kek pas kita nge-cropping foto, objek foto yang ga masuk garis crop pasti langsung terbuang saat tombol "enter" kita tekan.

Lalu teringat. Mainan anak-anak dari kayu yang berbau pendidikan. Mainan yang ngajari anak-anak mengenai dimensi bentuk. Yang pernah aku liat bentuknya kotak dari triplek lalu di tutupnya ada beberapa lubang yang berbentuk macam-macam. Ada yang segi empat, kubus, segitiga, bulat, dan bintang-seperti frame tadi. Cara mainnya, kita masukkan kayu-kayu kecil berbagai bentuk ke masing-masing lubang disesuaikan dengan frame lubangnya. Kayu berbentuk bintang dimasukkan ke lubang ber-frame bintang, misalnya.

Hmm, gimana kalo masih ada kayu-kayu lain yang ternyata bentuknya tidak fit dengan lubang frame yang ada?

Apa brarti langsung terbuang juga seperti objek foto yang ga masuk cropping-an tadi?

Yang jelas, bagi kayu-kayu yang pandai mereka akan bersiasat bagaimana caranya mereka tetap berguna untuk dirinya sendiri, meskipun tak bisa lagi berguna untuk permainan "hanya kayu yang sesuai frame bisa masuk". Survival game begins (sudah dikoreksi sesuai petunjuk matahari hehehe), my friends...so, don't be a loser;)

4 komentar:

Lawni Tenisa mengatakan...

survival game is begin? ini bukannya harusnya "survival game begins"? kekekekeke...

bos, keknya dulu ada yg ngajarin gw kalo framing itu yg gak kalah penting adalah objek yg mau di tonjolkan dari frame tersebut. jadi frame itu menegaskan objek yg mau diambil dalam foto.

ah, kek gw pernah belajar komunikasi visual dan presentasi aja. bah...

(ngoceh pagi-pagi)

sugieh mengatakan...

hehehe, mas matahari bener banget. udah aku benerin tuh...;)

yup, emang objek ga kalah penting dari frame-nya...tapi kali ini aku lagi lebih mentingin soal "frame" (garis pembatas alias penyaring objek). satu saat kamu pasti tau tentang apa semua ini. Piiis! ;p

Lawni Tenisa mengatakan...

oooo, ini tentang "frame". okok, gw memang masih hijau, cc.

sugieh mengatakan...

hehehe..."frame" apa sih yang kw pikir?