Selasa, 25 Maret 2008

addiction

I’m addicted to ctrl-f.

Kata-kata itu yang aku ucapkan saat berdiri di hadapan puluhan orang yang berkumpul sebagai anggota kelompok pecandu di sebuah unit rehabilitasi. Hanya sebuah bayangan yang suka ada di scene film, tapi benar-benar terbayang jawaban itu yang aku ucapkan saat ditanya apa yang bikin aku tergantung.
Ya. Masing-masing orang punya kecanduan pada objek yang berbeda-beda. Ada yang kecanduan kopi, kecanduan rokok, kecanduan tidur, kecanduan makan, kecanduan cinta, atau yang sepele tapi penting kecanduan udara. Dan aku, selama ini ternyata kecanduan aplikasi sistem komputer, terutama saat mengoperasikan file program dengan ekstensi .doc atau .xls
Tiga hari ini dikejar-kejar dengan pertanyaan temen grafis, “Gi, dharmacala-ne ndi?” Huuuuuh!!!!!!!!! seandainya saja aku bisa tinggal menekan “Ctrl-F” di keyboard lalu menulis kata “dharmacala” atau “dharmasala”. Pasti dalam hitungan detik akan segera muncul di mana saja kata itu terkandung dengan nyaman.
Bayanganku, akan muncul dengan manisnya kalimat ini “dharmasala adalah bangunan yang digunakan sebagai persinggahan sementara para peziarah sebelum melakukan pemujaan di candi”.
Sayang seribu sayang....kalimat itu atau dengan susunan yang lainnya ada di satu atau dua lembar dari ratusan lembar yang ada di beberapa buku literatur tentang Candi Dieng. Aku yakin pernah membaca pengertian “dharmasala” di salah satu atau dua dari tumpukan buku itu.
Masalahnya, AKU LUPA! Dan aku merasa butuh “Ctrl-F” hu..hu..hu...
Apakah tersembunyi di buku Dieng Poros Dunia? Sedjarah Kuno Bangunan Candi Dieng? Ensiklopedi Indonesian Heritage seri Arsitektur atau yang seri Sejarah Awal? Atau di buku-buku dapat pinjam dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah, tapi yang mana ya? Yang Studi Pemintakatan Kompleks Candi Dieng atau yang Laporan Konservasi Kompleks Candi Arjuna?
Masalahnya, tidak ada aplikasi apapun yang bisa menghubungkan sistem pencarian “Ctrl-F” dengan lembar-lembar kertas itu kecuali kekuatan memoriku yang payah ini.
End of story? Sampai detik terakhir deadline kekuatan memoriku tidak menghasilkan apapun ;( pengertian dharmasala aku ambil dari file foto yang aku ingat benar letaknya di mana. Namanya juga gambar....siapa yang tidak mengingatnya.
Hu..hu..hu..jadi pingin “Undo” atau “Refresh” nih....

Tidak ada komentar: